Resep Membuat Dasar Puff Pastry Yang Enak dan Praktis

Aneka Puff Pastry Enak : Mbak Rebellinasanty
Pastinya semua pecinta kuliner ingin bisa sukses membuat puff pastry yang enak dan praktis, bukan ? Apalagi semua kalangan dari anak-anak sampai orangtua sangat menyenangi jenis kudapan satu ini yang renyah, gurih dan nikmat sekali. Sekali gigit bakalan ketagihan terus. Hehehe

Pastry Choux atau dalam bahasa Inggris disebut "Choux Pastry" merupakan sejenis adonan yang diolah dengan campuran mentega, tepung terigu, telur, bumbu-bumbu serta air. Namun adonan yang disebut dengan Pâte à choux  dalam bahasa Perancis juga berarti pasta kubis, karena bentuk adonannya menyerupai kubis. Pasta choux ini memang bertekstur pasta sehingga bisa dicetak menjadi beraneka ragam bentuk adonan dasar dari pembuatan kue-kue seperti kue sus, croquembouche, profiterole, eclair, dll. Adonan puff ini akan menjadi kopong atau berongga berkat bahan telur di dalamnya sewaktu dipanggang sehingga pufff bisa diisi dengan aneka rasa krim sesuai selera.

Buruan nyoba bikin resep dasar puff pastry ini yang sebenarnya begitu mudah, simpel sekaligus menyenangkan. Enaknya setelah bikin adonan dasar puff, kita bisa mengkreasikan dengan beraneka ragam isian. Mau diisi selai nanas, keju, sosis ataupun sekedar di taburi gula halus. Semua resep yang dipakai di blog resepnikmatselangit  ini diperoleh dari sahabat blogger yang juga FOOD LOVER :) baca saja di blog personalnya : rebellinasanty.blogspot.com. Simak beberapa cara dalam pembuatan resep dasar puff pastry berikut ini :

 Resep Membuat Dasar Puff Pastry Yang Enak
Bahan-bahan Dasar Puff Pastry
  • tepung terigu protein tinggi 450 gr
  • margarin 100 gr
  • mentega putih (shortening) / korsvet 150 gr
  • air es 170 ml 
  • garam 1/2 sdt
  • air jeruk lemon atau cuka 1/2 sdt
Cara Membuat Dasar Puff Pastry
  1. Aduk tepung terigu, margarin dan garam secara merata. Tuangi air yang telah diberi air jeruk lemon. Uleni adonan hingga semua tercampur rata.
  2. Giling adonan dan letakkan korsvet di tengah adonan. Lipat adonan sampai menutupi korsvet dengan lipatan ganda. Caranya lipat bagian atas adonan ketengah menutupi korset, serta lapisan bawah ke sisi atas. Menyerupai lipatan amplop. [ lihat pada gambar di atas TEHNIK MELIPAT Puff Pastry ]. Lalu simpan di kulkas +15 menit.
  3. Ambil adonan dari dalam lemari pendingin. Giling lagi adonan dengan posisi lipatan di bawah. Terus lakukan giling dan lipatan seperti diatas lagi (lipatan ganda) sebanyak 2 kali dengan ketebalan  1/2 cm. Simpan kembali adonan dalam kulkas +15 menit.
  4.  Lakukan kembali proses langkah no. (3) sebanyak 3 kali. Adonan diambil dari kulkas, giling adonan dengan tebal 1/2 cm. Adonan siap dimodifikasi sesuai selera.
Contoh resep Puff Pastry yang bisa diisi dengan selai nanas bisa ditemukan di dalam RESEP : "Cara Membuat Pie Nanas Enak Dinikmati Musim Natal "

Pokoknya dijamin hasilnya nanti sangat memuaskan. Jadi, tidak perlu kuatir atau ragu untuk membuatnya sendiri di rumah Resep membuat dasar puff pastry yang enak apalagi jika Anda seorang penggemar PUFF PASTRY sejati. Yang perlu DIINGAT dalam pembuatan kulit PASTRY agar menjadi berlapis-lapis dan renyah seperti ini memang memerlukan kesabaran, ketekunan dan keuletan untuk semangat memasak puff pastry.
Selamat Mencoba ya, dan jangan lupa terus berkunjung ke blog resepnikmatselangit.blogspot.com yang menawarkan beragam pilihan sajian kuliner.

IKUTI TPS Menarik berikut

Adonan tidak wajib diuleni hingga kalis, sebab nanti dalam proses penggilingan berulang kali akan menjadikan adonan kalis secara tidak langsung.
Pemakaian air jeruk lemon/cuka supaya adonan mudah digiling
Agar lapisan korsvet tidak mudah pecah dibutuhkan ekstra kesabaran dan keuletan untuk berhati-hati saat proses penggilingan. Caranya taburi alas penggilingan dengan terigu, dan bila ada lapisan korsvet yang keluar dari arah lipatan adonan bisa langsung dibersihkan. Taburi lagi bagian lipatan yang pecah dengan terigu tipis.
Ketika akan dimanfaatkan, simpan selalu korsvet dalam kulkas. Hal itu yang membuat korsvet dan tehnik lipatan dan gilingan adonan berulang kali menimbulkan banyak lapisan pada kue pastry. Sehingga lapisan tipis pastry selalu crunchy, gurih, renyah dan sekaligus mempercantik tampilan kue pastry.
Panggang pastry dengan suhu pemanggangan +200 - 220°C sehingga membuat adonan puff mengembang. Keluarkan adonan ketika 3/4 matang, olesi dengan kuning telur supaya kue tampak mengkilap cantik. Jika mengolesi kuning telur sebelum dipanggang  acapkali  adonan yang diolesi cairan kuning telur malah kurang mengembang sempurna.

Agar menghasilkan potongan kue pastry yang baik, lurus, kuat dan seragam bentuk maka pilih pisau khusus yang bersih dan memiliki ketajaman dalam memotong adonan pastry.
Lebih baik basahi cetakan pastry/loyang dengan air (jangan diolesi margarin). Sebab adonan pastry biasanya akan mengeluarkan minyak, saat proses pemanggangan.
Adonan pastry bisa dibiarkan beberapa saat sebelum dipanggang supaya adonan bisa mengembang dengan sempurna.

 
 




1 Response to "Resep Membuat Dasar Puff Pastry Yang Enak dan Praktis"

  1. kalo baca gini enak ya kayaknya buat... tapi kalo udah coba jadi susahhh.... -,-

    ReplyDelete